Saturday, April 5, 2008

Tok Bomoh

Saya orang yang susah percaya pada hal-hal mistik. Sebisa mungkin saya menghindar dari membaca, melihat atau mendengar kisah-kisah mistik. Bukan apa-apa, saya penakut hehehe.. Hanya karena melihat film seram sudah mampu membuat saya takut kekamar mandi.

Minggu kemarin, saya diajak suami kerumah teman baiknya di Kempas, Johor Bahru. Adik teman baik suami saya itu, seorang pemuda berumur awal 20-an, mahasiswa, mempunyai kemampuan supra natural. Mampu melihat hal-hal gaib. Kemampuannya ini diturunkan dari leluhurnya yang mungkin ada yang pernah jadi bomoh (dukun). Singkatnya, dia pun didaulat jadi Tok Bomoh.

Sewaktu tengah menunggu suami saya sholat ashar, tok bomoh yang jauh dari kesan angker dan seram itu duduk didepan saya. Berkali-kali ia mengibaskan tangannya kekiri sambil senyum-senyum. Saya merasa takut. Waktu saya tanya suami dalam perjalanan pulang, dia bilang itu berarti jinnya sedang mengajak dia bergurau. Waaaaa....berarti didepan saya tadi ada jin.

Jin ternyata bisa diturunkan. Dalam kepercayaan Melayu kalau leluhurnya dahulu pernah memelihara jin, maka anak keturunannya akan mewarisinya selama tidak dibuang. Ini disebut saka. Naudzubillah min dzalik. Jin kok diturun-turunkan.

No comments: