Wednesday, July 30, 2008

sariawan ini mengganggu

sampai sekarang penyebab sariawan (ulser) masih jadi misteri bagi saya. orang bilang karena kekurangan vitamin C. kurang minum air, kurang makan buah, jarang gosok gigi. tapi betul.. saya adalah orang yang paling banyak minum. karena saya menyusui, setidaknya 8 gelas sehari saya minum. buah juga makanan saya sehari-hari. saya paling suka pepaya yang kandungan vitamin C nya tinggi. gosok gigi? aduh..yang ini jadi aib kalau tidak dilakukan 2x sehari. hehe...

tapi masih juga si sariawan datang mengganggu. sekedar informasi tanpa meminta belas kasihan, sekarang ini ada 3 biji sariawan dalam mulut saya. pertama muncul dibibir bawah. besar dan selama beberapa hari bibir dower sedikit. bengkak. saya kira penderitaan saya akan segera berakhir. tapi tidak ibu-ibu bapak-bapak. begitu yang dibibir bawah membesar (itu tanda mau sembuh), muncul lagi yang kedua dibibir atas. haduhhh.. yang ini sekarang lagi sakit-sakitnya. kemudian saya merasa geraham saya linu sedikit. ternyata.. aduuhhh..ada lagi satu didekat gigi geraham, gusi bagian bawah.

tiga!!! mudah-mudahan tidak akan muncul lagi yang ke-4. setidaknya tidak dalam waktu yang bersamaan. ini sudah cukup menyiksa saya setiap bulan. ya, hampir setiap bulan sariawan berkunjung.

Obatnya? saya tidak percaya pada obat sariawan apapun jenisnya. kecuali albhotyl. tapi sayangnya ternyata, katanya, albhotyl mengandung air raksa. dulu waktu masih di Jakarta, saya sering pakai obat ini. sebetulnya bukan obat sariawan. obat luka. entah kenapa jadi obat sariawan. tapi memang manjur mujarab. letakkan sedikit dikapas kemudian tekan pada sariawan. sakitnya bukan main. tapi percayalah, setelah itu sembuh. obat lain yang pernah saya coba tak semanjur itu. sakitnya sama, tapi tunggu beberapa hari baru sembuh. akhirnya saya percaya, obatnya adalah waktu saja. tunggu tanpa perlu diobati, lama-lama sariawan akan pergi juga. setelah itu beberapa minggu kemudian datang lagi. huaahhhh...

kalau sudah kena, saya jadi malas ngomong. malas makan. kebetulan. tanpa perlu diet. untuk makan sakitnya kalau tergigit atau terkena makanan yang pedas. yang paling nikmat setelah bangun tidur. mau buka mulutpun susah. sakitnya bukan kepalang.

najwa pernah kena sekali. dan setiap kali terkena sariawan, saya berdoa mudah2an anak saya tidak ikutan kena. bukan main rewelnya kalau kena. saya pun tak tahu apakah sariawan menular?

2 comments:

Anonymous said...

Ass wr wb...

Mb neni kita kok sama penyakitnya sariawan,tp Alkhamdulillah aku udh ga pernah sariawan lg skrng.
Sampai2 aku dpt paggilan GAWIL MB DI SNS, krn aku sering sariawan. bibirnya klo ngomong kan jd gawil2 krn sariawan ha...haa....

Tapi bener mb di obati apa aja,aku ga sembuh2,ternyata hanya waktu yg bisa menyembuhkan.

Jadi siapa saja yg sariawan ga usah takut, kerena seiring waktu sariawan lama2 akan hilang dengan sendirinya....

Wss wr wb

ummul said...

sariawan? nikmati aja deh... daripada dikeluhkesahkan....

sariawan? tetap bisa berbagi senyum kan?

salam, dan senyum!

ummul-orthodonti.blogspot.com