Thursday, July 24, 2008

berita anjing

maaf, kalau judulnya kasar. tapi betul ini berita anjing. nama sebuah majalah. khusus anjing tentunya. tetangga depan rumah saya, seorang china, yang punya anjing german sepherd sebanyak 6 ekor (dia beternak anjing), menunjukkan majalah (mungkin lebih tepat disebut buletin) berita anjing itu. judulnya bahasa melayu tapi isinya berbahasa inggris.

yang jadi perhatian saya sampai saya tulis diblog ini adalah sampul depan majalah itu. seorang melayu bergambar bersama 2 ekor anjing Rottweiler. menariknya, orang melayu itu sampai harus pakai baju melayu, lengkap dengan songkok (peci), dengan memegang tali anjing ganas itu. saya ketawa. kenapa dia harus menunjukkan identiti kemelayuan dia? seolah-olah ingin menunjukan..ini lho..melayu Islam juga piara anjing. aneh saja melihat orang dengan pakaian tradisional melayu bergambar bersama anjing untuk sampul majalah.

memang tidak ada larangan dalam Islam untuk memelihara anjing. cuma harus rajin-rajin ber-seretu saja kalau terjilat atau kena jilat. tapi masyarakat melayu (baca Islam), kebanyakannya menganggap haram memelihara anjing. kalaupun tidak haram tapi tabu. mungkin sebab itulah dia merasa harus memakai baju melayu sebagai upaya memecah ketabuan dikalangan orang melayu sekaligus menunjukkan kepada kaum lain (yang tentu saja merupakan sebagian besar pelanggan buletin gratis ini) bahwa orang melayu Islam pun ada yang memelihara anjing.

No comments: